Desa Cibiru Wetan

Kec. Cileunyi
Kab. Bandung - Jawa Barat

Info
YUK ISI SURVEY KEPUASAN PELAYANAN PEMERINTAH DESA -- KLIK DISINI...

Artikel

CIBIRU WETAN MASUK 7 DESA NOMINATOR LOMBA PANGAN AMAN TINGKAT NASIONAL

Operator Desa

05 Juni 2021

833 Kali dibuka

Setelah secara konsisten Pemerintah Desa Cibiru Wetan sejak tahun 2019  melaksanakan intervensi kegiatan dalam rangka mewujudkan Desa Pangan Aman (DESA PAMAN) melalui surat  Balai Pusat Pengawas Obat dan Makanan  Nomor : PH .03.55.551.05.21.210  Desa Cibiru Wetan terpilih untuk menjadi nominator pada Lomba Desa Pangan Aman Nasional tahun 2020 yang dilaksanakan pada tanggal 27 Mei 2021.  Namun demikian terkait  adanya satu dan lain hal pelaksanaan Verifikasi baru dapat dilaksanakan pada hari Senin 31 Mei 2021.

Pada kegiatan verifikasi tersebut Bupati Bandung H. Dadang Supriatna, Sip. Msi, berkenan menerima secaara langsung kehadiran Tim Verifikator Lomba Desa Pangan Aman Nasional 2020 yang terdiri dari dari unsur BPPOM dan Kementerian Desa Pembangunan Daerah TertinggaL dan Transmigrasi.  Dalam sambutannya Bupati bandung menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Bandung berkomitmen untuk mewujudkan ketahanan paangan di Kabupaten Bandung tidak hanya di Desa Cibiru Wetan.  Beliau berharap terpilihnya Cibiru Wetan sebagai nominator tingkat nasional menjadi momentum untuk mendorong agar haal yang sama dapat dilakukan oleh desa-desa lainnya di Kabupaten Bandung. Terlebih apabila Desa Cibiru Wetan menjadi yang terbaik di tingkat nasional Pemerintah Kabupaten Bandung dipastikan akan lebih meningkatkan berbagai intervensi program melalui dinas-dinas instansi terkait diantaranta Dinas Kesehatan dan Dinas Pemberdayaan masyarakat dan Desa.

BPPOM yang diwakili oleh Ibu Rusyiana menyampaikan bahwa pemilihan Desa Cibiru Wetan mewakili Provinsi Jawa Barat bukan hal yang mudah tetapi melalui seleksi ketat dengan melihat konsistensi dan inovasi yang dilakukan dalam mewujudkan desa aman pangan (PAMAN) hal ini nampak dengan kemandirian pembiayaan yang terus dilakukan selama 2 (dua) tahun berturut-turut melalui APBDesa Cibiru Wetan, dimana tahun ini difokuskan untuk fasilitasi PIRT bagi UMKM di Desa Cibiru Wetan. Selain melihat kemandirian anggaran BPPOM juga melihat perkembangan jumlah sasarn komunitas Pangan AMan Desa yang terus meningkat diantaranya Kelompok ibu rumah tangga, Industri Rumah Tangga Pangan (IRTP), Warunga (RITEL), pedagang kreatif lapangan (PKL) dan kantin sekolah.

Dalam kesempataan yang sama koordinator tim Verifikasi dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi menyampaikan bahwa tim verifikator bermaksud melakukan pembuktian administratif dan pembuktian lapangan untuk melihat kesesuain profil desa PAMAN Cibiru Wetan yang dikirimkan kepada panitia di jakarta dengan kondisi sebenarnya di Desa Cibiru Wetan. Tim verifikasi berharap fakta-fakta dilapangan sesuai adanya bahkan diharapkan ada hal-hal baik lainyya yang bisa dibawa dan dinformasikan sebagai bukti sukses pelaksanaan pangan aman di Cibiru Wetan.

Terkait pelaksanaan kegiatn ini Kepala Desa Cibiru Wetan sangat antusias dan mengapresiasi bentuk perhatian BPPOM yang mengapreasi langkah Desa Cibiru Wetan dengan dinominasikan di tingkat nasonal. Dengan menjadi nominator saja sudah sangat disyukuri apalagi jika fakta hasil verifikasi lapangan menobatkan Desa PAMAN Cibiru Wetan sebagai yang terbaik di tingkat nasional, atas berjalannya kegiatan Desa PAMAN di Cibiruwetan yang berjalan sejak tahun 2019 Kepala Desa mengucapkan terima kasih kepada TP-PKK, Kader Keamanan Pangan Desa, Posyandu, Karang Taruna, BPD. LPMD pihak SD Percobaan dan Komunitas yang menjadi lokus kegiatan dan berdoa semoga kerja keras semua pihak berbuah manis menjadi Pinunjul atau yang terbaik se-Indonesia. H.S

 

 

Kirim Komentar

Nama
Telp./HP
E-mail

Komentar

Captha

CAPTCHA Image

Komentar Facebook

Aparatur Desa

Kepala Desa

HADIAN SUPRIATNA,S.P.

Sekretaris Desa

ADE MAHMUDIN

BENDAHARA DESA

M. ALI MUHTAR, S.Pd

Kaur Perencanaan

HANI KARLINA, S.AP.

Kaur Tata Usaha & Umum

WAWAN RUSWANDI

Kasi Pemerintahan

ACEP DENI SOPIAN

Kasi Pelayanan

MOCH. RENDIE FAUZAN

Kasi Kesejahteraan

DUDU BUDIANTO

Kadus I

HAMID ABDUL MAJID, S.Pd

Kadus II

IMAN NURZAMAN

Kadus III

SOBARA

Kadus IV

YONGKI ARIESYANDI

Kadus V

CUCU KOMALASARI

Staff Kaur Keuangan

DINI SUMIATI, S.E.

Staff Pelayanan

SRI DEVI MAULIDDIOWATI

staf

RAHMAT

Lokasi Kantor Desa

Latitude:-6.92139976769103
Longitude:107.72943377494813

Desa Cibiru Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung - Jawa Barat

Buka Peta

Wilayah Desa