Desa Cibiru Wetan

Kec. Cileunyi
Kab. Bandung - Jawa Barat

Info
YUK ISI SURVEY KEPUASAN PELAYANAN PEMERINTAH DESA -- KLIK DISINI...

Artikel

TP-PKK DESA CIBIRU WETAN BEKERJASAMA DENGAN POLTEKES DAN TANOTO FONDATION GELAR PELATIHAN STUNTING

Operator Desa

28 Agustus 2021

855 Kali dibuka

Cibiruwetan.desa.id. Mengutip dari buku stunting yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Stunting adalah kondisi yang ditandai ketika panjang atau tinggi badan anak kurang dibandingkan dengan umurnya.

Jumat 27 Agustus 2021 hingga Sabtu 28 Agustus 2021 mulai pukul 09.00 hingga 14,00 bertempat di ruang rapat TP-PKK Desa Cibiru Wetan Politeknik Kesejahteraan Sosial (poltekesos) Bandung dengan dukungan Tanoto Foundation menyelenggarakan Aksi Perubahan Perilaku Pencegahan Stunting melalui kegiatan pelatihan yang diberikan kepada 8 (delapan) orang yang aktif terlibat dalam upaya penanggulangan dan pencegahan stunting di Desa Cibiru Wetan.

Para peserta yang  yang terdiri dari 6 (enam) orang kader PKK 1 (satu) orang Karang Taruna dan 1 (satu) orang pewarta desa sangat antusias mengikuti pembelajaran yang diberikan oleh para dosen Poltekes Bandung karena metode pembelajaran orang dewasa yang diselingi beragam permainan mampu menciptakan dinamika yang sangat baik.

Menurut Ny. Oneng Nani Hadian Ketua TP-PKK Desa Cibiru Wetan, kegiatan ini akan sangat bermanfaat karena kami dikenalkan sebuah metode pembelajaran yang menarik dan tambahan pengetahuan yang sangat bermanfaat sebagai bekal bagi kader dalam melakukan edukasi perubahan prilaku masyarakat dalam pencegahan stunting nantinya.

Dalam kesempatan yang sama Dr. Yuti Sri Ismudiyati M.Si, selaku Kepala Pusat Pengabdian Masyarakat Poltekesos yang bertindak selaku koordinator pada kegiatan ini menyatakan bahwa pelatihan ini bukan untuk  mengisi gelas kosong artinya kader dianggap belum paham apa dan bagaimana stunting, tapi lebih pada menambah pengetahuan yang sudah dimiliki dengan sentuhan teknik fasilitasi agar nantinya edukasi yang dilakukan kader lebih dipahami.  Menurut Yuti pula dikatakan bahwa kegiatan ini menekankan pada edukasi perubahan prilaku komunitas dan  selanjutnya akan dilakukan pelatihan pada beberapa komunitas yakni ibu hami, ibu menyesui dan remaja.  Pelibatan remaja menjadi sangat penting agar mampu merencanakan pernikahan secara baik dan menghasilkan keluarga yang sehat dan sejahtera serta terbebas dari stunting. Dijelaskan pula olehnya bahwa kehadiran beliau didampingi oleh Dra. Ella Nurlela M.Si. dan Dra. Shinta Yulianti MPS.Sp, serta beberapa mahasiswa diantaranya Ahmad Dani, Wulan dan Micho Siagian selaku tim media.

Kepala Desa Cibiru Wetan Hadian Supriatna, SP. yang turut hadir pada pembukaan acara dalam sambutannya meyambut gembira kerjasama ini dan berharap ada program lain yang bisa dikolaborasikan dengan desa khususnya berkaitan dengan program penanggulangan masalah sosial. Hadian juga mengucapkan terimakasih karena poltekes telah menjadikan Desa Cibiru Wetan sebagai wilayah binaan Poltekesos Bandung. Hadian juga mengucapkan terimakasih kepada Puskesmas Cibiru Hilir melalui kepalanya dr. Iyos Rosmawati yang telah menugaskan salah seorang surveilannya menjadi pendamping kegiatan ini. HS.

Kirim Komentar

Nama
Telp./HP
E-mail

Komentar

Captha

CAPTCHA Image

Komentar Facebook

Aparatur Desa

Kepala Desa

HADIAN SUPRIATNA,S.P.

Sekretaris Desa

ADE MAHMUDIN

BENDAHARA DESA

M. ALI MUHTAR, S.Pd

Kaur Perencanaan

HANI KARLINA, S.AP.

Kaur Tata Usaha & Umum

WAWAN RUSWANDI

Kasi Pemerintahan

ACEP DENI SOPIAN

Kasi Pelayanan

MOCH. RENDIE FAUZAN

Kasi Kesejahteraan

DUDU BUDIANTO

Kadus I

HAMID ABDUL MAJID, S.Pd

Kadus II

IMAN NURZAMAN

Kadus III

SOBARA

Kadus IV

YONGKI ARIESYANDI

Kadus V

CUCU KOMALASARI

Staff Kaur Keuangan

DINI SUMIATI, S.E.

Staff Pelayanan

SRI DEVI MAULIDDIOWATI

staf

RAHMAT

Lokasi Kantor Desa

Latitude:-6.92139976769103
Longitude:107.72943377494813

Desa Cibiru Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung - Jawa Barat

Buka Peta

Wilayah Desa