Desa Cibiru Wetan

Kec. Cileunyi
Kab. Bandung - Jawa Barat

Info
YUK ISI SURVEY KEPUASAN PELAYANAN PEMERINTAH DESA -- KLIK DISINI...

Artikel

M. DUYEH PENGRAJIN WAYANG GOLEK YANG TETAP SETIA PADA PROFESINYA

Operator Desa

06 Agustus 2021

1.608 Kali dibuka

Cibiru Wetan. Desa. id. Bagi sebagian kalangan terutama anak muda Cibiru Wetan belum gak banyak yang mengenal kalau di desanya ada seorang maestro seni ukir khususnya dalam pembuatan wayang golek, M Duyeh yang merupakan salah seorang perajin wayang golek yang seringkali di undang sebagai narasumber di Museum Kesenian Jakarta hingga kini konsisten menggeluti  profesinya sebagai pembuat wayang golek.

Kita begitu khatam mengenal para dalang yang memainkan wayang golek, ketawa dan berdecak kagum pada kelihaian kidalang diatas panggung, namun siapa yang membuat wayang golek yang kita tonton nyaris tidak ada yang memperhatikan.  Salah satu sosok yang berperan besar menyediakan tontonan dan sekaligus tuntunan itu adalah M. Duyeh perajin wayang golek di Cibiru Wetan dan Cileunyi yang masih tersisa dan tetap bergelut di bidangnya.

Wayang M. Duyeh memamng bukanlah wayang pasaran (kodian) melainkan wayang petingan atau wayang yang dikerjakan dengan kualitas terbaik sehingga harganya pun terbilang cukup tinggi. Ditengah semakin bergesernya nilai-nilai seni perajin wayang golek perlu berjuang keras untuk tetap bertahan hidup karena permintaan pembuatan wayang semakin berkurang seiring dengan semakin jarangnya warga masyarakat yang mementaskan wayang karena biayanya yang cukup mahal. Terlebih ditengah pandemi maka usaha inipun turut merasakan dampak krisis yang luar biasa ini.

Saat diwawancara M. Duyeh bertutur baginya membuat wayang golek bukan sekedar profesi tapi merupakan komitmen untuk mempertahankan seni budaya, seraya berharap akan ada generasi berikut yang tertarik dan mau belajar membuat wayang golek untuk mempertahankan warisan budaya yang tak ternilai ini. Baginya cukup bersyukur anak-anaknya ada yang tertarik mewarisi keahliannya sehingga berkeyakinan seni pembuatan wayang golek akan jadi keterampilan yang lestari di tatar pasundan. (HS)

 

Kirim Komentar

Nama
Telp./HP
E-mail

Komentar

Captha

CAPTCHA Image

Komentar Facebook

Aparatur Desa

Kepala Desa

HADIAN SUPRIATNA,S.P.

Sekretaris Desa

ADE MAHMUDIN

BENDAHARA DESA

M. ALI MUHTAR, S.Pd

Kaur Perencanaan

HANI KARLINA, S.AP.

Kaur Tata Usaha & Umum

WAWAN RUSWANDI

Kasi Pemerintahan

ACEP DENI SOPIAN

Kasi Pelayanan

MOCH. RENDIE FAUZAN

Kasi Kesejahteraan

DUDU BUDIANTO

Kadus I

HAMID ABDUL MAJID, S.Pd

Kadus II

IMAN NURZAMAN

Kadus III

SOBARA

Kadus IV

YONGKI ARIESYANDI

Kadus V

CUCU KOMALASARI

Staff Kaur Keuangan

DINI SUMIATI, S.E.

Staff Pelayanan

SRI DEVI MAULIDDIOWATI

staf

RAHMAT

Lokasi Kantor Desa

Latitude:-6.92139976769103
Longitude:107.72943377494813

Desa Cibiru Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung - Jawa Barat

Buka Peta

Wilayah Desa